PASPAMPRES SHOOTING CHAMPIONSHIP 2018

Jakarta_Salam Olahraga!!! Dalam rangka Hari Bhakti ke-72, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyelenggarakan Kejuaraan Menembak Terbuka, “Paspampres Shooting Championship 2018” selama tiga hari berturut-turut tanggal 9 s.d 11 Februari 2018. Kejuaraan menembak yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Senayan ini bertujuan sebagai sarana komunikasi prajurit dengan para pecinta olahraga menembak, selain itu juga untuk meningkatkan dan mengukur kemampuan dengan saling menggali pengalaman maupun bertukar informasi guna meningkatkan prestasi menembak baik pada event perlombaan tingkat Nasional maupun Internasional.

Kejuaran menembak ini melombakan beberapa kelas yakni Eksekutif Pati (TNI/ Polri), Eksekutif Sipil Undangan, Eksekutif Pamen TNI/ Polri, Paspampres Style, Tembak Pistol Reaksi Non IPSC (Standar dan Revolver), Senapan MP5/ SMG/ Rifle 9 mn, Tembak Pistol Reaksi IPSC dan Tembak Presisi 25 m. Tercatat 782 orang petembak turut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini, ada yang berasal dari Palembang, Bali dan Makassar serta terdapat petembak muda berasal dari Bandung yang baru berusia 10 tahun.

Komandan Paspampres, Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) mengatakan bahwa menembak adalah kegiatan yang mutlak dikuasai oleh prajurit TNI, khusus bagi anggota Paspampres pada materi menembak reaksi yang dilombakan menjadi sarana tolak ukur sejauh mana keberhasilan latihan yang selama ini dilaksanakan. Menembak reaksi adalah keterampilan menembak yang harus dikuasai anggota Paspampres karena diperlukan “Kecepatan dan Ketepatan” yang mutlak diperlukan dalam penugasan khususnya bila menghadapi situasi tertentu dimana adanya ancaman yang membahayakan keselamatan VVIP. “Menembak adalah skill atau keterampilan. Apapun yang namanya keterampilan harus dilatihkan secara berkelanjutan,” ujar Danpaspampres pada saat sesi wawancara dengan media.

Kejuaraan menembak ini juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi dan beliau bersedia untuk memberikan trophy kepada pemenang lomba menembak materi Eksekutif Perwira Tinggi TNI/ Polri yang dimenangkan oleh Danpaspampres sebagai Juara Pertama, Mayjen TNI (Purn) Siswanto sebagai Juara Kedua dan Kasetpres, Bpk. Heru Budi Hartono sebagai Juara Ketiga.

Kejuaraan menembak Paspampres ini diakhiri dengan lomba “Best of the Best” dimana pesertanya adalah para juara di tiap-tiap kelas dengan menggunakan senjata yang disiapkan panitia, untuk memperebutkan hadiah utama 3 sepeda motor. Pemenang Best of The Best adalah Aipda Iwan Setiawan (Brimob), Mayor Arh Susilo (Paspampres) dan Serka Iwan Setiadi (Paspampres)._ksby

Setia Waspada.

Leave a Comment